Thursday, July 31, 2014

Cara Melakukan Bending Pada Harmonika

     Biasanya, setelah kita bisa menguasai single note dengan baik, maka kita akan tertantang untuk mencoba teknik-teknik yang lain. Dan yang paling sering dibicarakan di forum-forum harmonika adalah teknik bending. 
     Bending mungkin kalo kita artikan secara ngawur artinya adalah bengkok/ berbelok. Dalam percaturan dunia harmonika terutama sekte harmonika diatonik, teknik bending adalah teknik untuk menurunkan nada (1/2 , 1, bahkan 1 1/2 nada) pada harmonika, baik itu dengan disedot maupun ditiup. 

Kenapa teknik bending ini begitu menarik perhatian? 
     Mari kita tanya om Mario Teduh, maka dia akan menjawab karena teknik bending sekarang sudah ada ekstraknya.. halah..
Seperti kita ketahui, bahwa dalam susunan nada pada harmonika diatonik, tidak semua nada tersedia disana. Maksudnya nada yang dihasilkan dari tiup kemudian sedot, dimulai urut dari lubang 1 - 4 adalah C-D, E-G, G-B, C-D
Dengan demikian berarti masih ada nada yang belum lengkap, contohnya nada F, dan A.
Nada F bisa didapat dengan menurunkan nada G (lubang 2 sedot) sebanyak satu nada, dengan cara dibending.

Cara melakukan Bending
     Selain bending dengan cara disedot (draw bend) bisa juga dilakukan dengan cara ditiup (blow bend). Coba kita bahas yang pertama yaitu Draw Bend. 

Kita lihat saja gambar hantu dibawah ini,


    Pada saat kita sedot biasa, maka aliran udara mengalir lurus dari harmonika, melewati mulut lurus ke tenggorokan, dan lidah pun posisi normal / lurus. Rasakan aliran udara yang mengalir


     Nah pada saat bending, terjadi perubahan arah aliran udara, dari harmonika, melewati mulut dan berbelok ke atas, ingat posisi lidah bagian tengah turun kebawah, dan bagian pangkal lidah naik ke atas. Aliran udara itulah yang mungkin merubah (mempengaruhi) reed pada harmonika sehingga berubah nadanya.
Selain berfungsi sebagai pencari nada yang "hilang" , bending juga bisa digunakan untuk memperindah lagu yang kita mainkan.

Bagi yang ingin lebih jelas (atau mungkin malah lebih ngawur) silakan cek versi videonya di bawah ini..





Menguasai teknik bending ibarat kita membuka pintu menuju hidup berharmonika yang lebih baik.. hehe.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...