Wednesday, July 30, 2014

SINGLE NOTE

     Single Note, mungkin kalau diterjemahkan secara bebas berarti Nada Tunggal. Di rimba per-harmonika-an, single note menjadi jurus wajib bagi para pemula, sebagai syarat mutlak yang harus dikuasai sebelum merambah ke teknik-teknik yang lain.

     Single note, adalah bagaimana caranya agar harmonika saat ditiup atau disedot mengeluarkan hanya satu nada, dan itu harus bersih. biasanya cukup susah bagi pemula, karena memang jarak antara hole (lubang) satu dengan lainya begitu rapat, sehingga seringkali ada 3 atau 4 nada yang bunyi bersamaan saat kita meniup/menyedot harmonika.

Nah agar suara yang dihasilkan menjadi hanya satu nada, ada beberapa cara;
  1. Dengan teknik, tounge block, yaitu menutup sebagian lubang menggunakan lidah dan hanya ada satu lubang yang tidak tertutup. saya tidak merekomendasikan teknik ini bag pemula, karena cukup sulit.
  2. Dengan cara seperti saat kita menyedot esteh menggunakan sedotan, jadi bibir kita seolah-olah sedang menggunakan sedotan, 
  3. Dengan cara seperti bersiul. Bentuk bibir kita menyerupai bibir orang yang sedang bersiul, agak monyong. sejauh mungkin kedepan..


    bentuk bibir seperti sedang bersiul
 
     Masih banyak cara yang lain, tp karena saya juga tidak tau bagaimana caranya, jadi gak saya tulis. Dan kata temen saya,

Harmonika itu singkatan dari; HARap MOnyong NIupnya KAwan...

Salah satu hal yang sering menimbulkan kegagalan dalam mempelajari harmonika adalah kurangnya kesabaran dan patah semangat.

Teruslah mencoba, nikmati setiap prosesnya...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...