Sunday, August 3, 2014

Harmonika Kunci Apa Saja yang Diperlukan Dalam Musik Blues

  
     Bagi yang sudah jago main harmonika, tentu tidak perlu ambil pusing menentukan harmonika kunci apa saja yang diperlukan seorang pe- main harmonika.
     Kenapa? karena pada dasarnya hanya dengan 1 harmonika kunci C misal- nya, sudah bisa memainkan lagu dengan nada dasar apapun.
Tentunya harus bisa bermain dalam posisi apapun (berapapun) dan ini memerlukan penguasaan teknik kelas dewa. Dan bukan wilayah saya, seorang pemula, untuk membicarakan itu. Takut salah, dan menyesatkan.. hahaha..

     Bagi pemula seperti saya, untuk memainkan musik blues, paling enak adalah menggunakan posisi 2 (second position) dimana kita memainkan harmonika C untuk blues nada G, harmonika A untuk nada dasar E dan seterusnya. tapi dengan begitu, berarti kita memerlukan banyak harmonika untuk memainkan banyak kunci. Untuk Posisi bermain harmonika yang lain kita bahas kapan-kapan.

     Kira-kira harmonika kunci apa saja yang sering dimainkan oleh musisi Blues? menurut pendapat saya, untuk lagu lagu blues, nada dasar yang umum dimainkan para musisi blues adalah ;
  • Nada E , banyak lagu-lagu Blues yang dimainkan dengan nada dasar ini. misalnya, Road House Blues (The Doors), Before You Accuse Me (Eric Clapton) dan lain-lain
  • Nada G  misalnya Bluesman (BB King), atau bahkan Hongky Thonk Woman (Rolling Stones) dll
  • Nada A misal Long Gone (Kenny Wayne Shepperd) Route 66 (Rolling Stones)
  • Nada D misal Tobbaco Road (Richie Kotzen) dll
     Untuk lagu lain / nada dasar lain tentu masih banyak yang belum disebut, tp menurut saya (sekali lagi menurut saya yang pemula) 4 kunci / nada itulah yang paling sering dipakai.
Dengan demikian, berarti ada 4 kunci harmonika yang harus kita punya untuk memenuhi kebutuhan kita sebagai pemain harmonika terkait empat kunci diatas. Yaitu;
  • Harmonika Kunci A untuk memainkan blues dengan nada dasar E
  • Harmonika Kunci C untuk memainkan blues dengan nada dasar G
  • Harmonika Kunci D untuk memainkan blues dengan nada dasar A
  • Harmonika Kunci G untuk memainkan blues dengan nada dasar D
semuanya dimainkan dalam posisi 2 ( 2nd Position) dengan blues scale yang bisa dilihat disini

Selamat mencoba.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...